Mengapa Persepsi Mengenai “Desain Itu Tidak Penting” Adalah Salah
Desain dalam kehidupan
sehari-hari sudah merupakan hal yang lazim ditemui dimana-mana.
Dimanapun kita berada pastilah kita akan dihadapkan oleh desain dalam berbagai bentuk yang menarik perhatian. Apakah itu desain bilboard dipinggir jalan, desain brosur, flyer atau desain sebuah web. Namun saat ini pertanyaan penting yang sering ditanyakan banyak orang adalah value desain itu sendiri pada sebuah bisnis.
Desain begitu penting pada keberadaan
sebuah bisnis. Sehingga persepsi atau anggapan bahwa desain itu tidak
penting adalah salah. Peran desainer begitu besar untuk menterjemahkan
dan mengkomunikasikan nilai dari sebuah bisnis ke konsumen melalui
desain. Desain yang bagus adalah desain yang dapat menghubungkan antara
perusahaan dengan konsumen serta menciptakan dialog antara keduanya.
Desainer seharusnya sudah terlatih untuk bisa memahami apa yang
dibutuhkan konsumen. Desain menjadi jembatan antara tujuan dari sebuah
bisnis dan konsumennya.
Untuk alasan ini pula banyak perusahaan
yang menginvestasikan banyak budget melalui desain untuk memahami
konsumen mereka. Desain merupakan bagian yang fundamental dalam
menciptakan imej perusahaan, menciptakan ekslusivitas dan kedekatan
dengan konsumen. Kebanyakan orang yang tertarik akan sebuah desain yang
mewakili produk atau brand tertentu akan merasa bahwa produk atau brand
tersebut benar-benar mewakili mereka. Desain
yang dibuat dengan mengedepankan kebutuhan konsumen juga mampu
menciptakan dan meningkatkan sales bagi sebuah brand ketimbang yang
tidak.
Seringkali yang terjadi adalah banyak pengusaha atau pebisnis yang memiliki persepsi bahwa desain
itu tak penting. Banyak pebisnis yang tak memasukkan desain sebagai
salah satu faktor utama dengan alasan yang terpenting adalah produk
mereka. Produk dan service yang diberikan oleh sebuah perusahaan amatlah
penting namun semua itu harus ditunjang dengan strategi marketing yang
baik. Bagaimana konsumen bisa mengetahui jika produk atau service sebuah
brand itu bagus jika tidak dikomunikasikan. Salah satu cara terbaik
untuk mengkomunikasikan sebuah pesan bisnis adalah melalui desain.
Berapa kali kita merasa terpukau dengan keindahan atau keunikan sebuah desain poster, bilboard, web atau brosur
tanpa mengetahui produknya terlebih dahulu. Dengan desain yang
menarik, profesional dan eye catching konsumen akan digiring untuk
mengenal produk tersebut terlebih dahulu. Jika kesan pertama yang
ditimbulkan oleh desain tersebut sudah bagus maka tentunya imej yang
dipancarkan dari brand tersebut juga akan profesional.
Beberapa brand besar seperti Apple,
McDonald, Microsoft, Coca Cola dan masih banyak yang lainnya menganggap
bahwa desain merupakan investasi yang penting dalam sebuah bisnis.
Berbagai desain seperti bilboard, poster dan web mewakili brand-brand
tersebut dalam bentuk yang paling unik. Desain-desain tersebut hadir
sebagai garda terdepan strategi marketing untuk memenangkan kompetisi
pasar. Desain yang dikemas dengan begitu unik, indah dan menarik akan
membuat orang ingin mengenal lebih lanjut mengenai sebuah brand. Desain
yang profesional juga secara otomatis akan meningkatkan imej sebuah
brand di tengah pemain pasar yang sama.
Seperti misalnya desain brosur Bayu Buana
Tours and Travel yang dikerjakan oleh Sribu.com ini menghasilkan sebuah
desain brosur yang amat menarik dan eye catching. Desain ini mengambil
topik tematik yaitu liburan natal dan tahun baru dimana memang banyak
orang mencari informasi mengenai tujuan wisata. Desain brosur ini mampu
menonjolkan Bayu Buana Tours and Travel sebagai perusahaan Tours and
Travel ternama. Back ground yang digunakan, font serta imej menara
eiffel dan balon udara yang diaplikasikan kedalam brosur tersebut
semakin mengukuhkan citra Bayu Buana sebagai perusahaan tour and travel
ternama.
Bagaimana sebuah desain tidak penting
jika kesan pertama yang ditangkap orang dari sebuah produk adalah
desainnya? Seperti halnya desain sebuah logo yang merepresentasikan
brand itu seperti sendiri. Lihat saja betapa desain logo
rumah roti ini melekat dengan amat kuat pada identitas brandnya.
Desain amat penting dalam strategi sebuah bisnis. Jika desain dibuat
asal-asalan maka pada akhirnya akan berujung pada imej dari brand itu
sendiri. Bagaimana dengan anda, masih memiliki persepsi jika desain itu
tak penting?
Sebaiknya singkirkan segera persepsi
tersebut dan mulailah merencanakan strategi desain terbaik untuk
kesuksesan brand anda. salah satunya anda bisa memulai untuk
merencanakan strategi desain anda di Sribu.com. Sribu.com merupakan
online platform penyedia jasa terbaik yang bisa anda dapatkan dengan
harga terjangkau. go grab your best design now in sribu.com
Artikel berikutnya »
No comments:
Post a Comment