Article

Mengapa Persepsi Mengenai “Desain Itu Tidak Penting” Adalah Salah

Desain dalam kehidupan sehari-hari sudah merupakan hal yang lazim ditemui dimana-mana.  Dimanapun kita berada pastilah kita akan dihadapkan oleh desain dalam berbagai bentuk yang menarik perhatian. Apakah itu desain bilboard dipinggir jalan, desain brosur, flyer atau desain sebuah web. Namun saat ini pertanyaan penting yang sering ditanyakan banyak orang adalah value desain itu sendiri pada sebuah bisnis.
Desain begitu penting pada keberadaan sebuah bisnis. Sehingga persepsi atau anggapan bahwa desain itu tidak penting adalah salah. Peran desainer begitu besar untuk menterjemahkan dan mengkomunikasikan nilai dari sebuah bisnis ke konsumen melalui desain. Desain yang bagus adalah desain yang dapat menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen serta menciptakan dialog antara keduanya. Desainer seharusnya sudah terlatih untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Desain menjadi jembatan antara tujuan dari sebuah bisnis dan konsumennya.
desain
Untuk alasan ini pula banyak perusahaan yang menginvestasikan banyak budget melalui desain untuk memahami konsumen mereka. Desain merupakan bagian yang fundamental dalam menciptakan imej perusahaan, menciptakan ekslusivitas dan kedekatan dengan konsumen. Kebanyakan orang yang tertarik akan sebuah desain yang mewakili produk atau brand tertentu akan merasa bahwa produk atau brand tersebut benar-benar mewakili mereka. Desain yang dibuat dengan mengedepankan kebutuhan konsumen juga mampu menciptakan dan meningkatkan sales bagi sebuah brand ketimbang yang tidak.
Seringkali yang terjadi adalah banyak pengusaha atau pebisnis yang memiliki persepsi bahwa desain itu tak penting.  Banyak pebisnis yang tak memasukkan desain sebagai salah satu faktor utama dengan alasan yang terpenting adalah produk mereka. Produk dan service yang diberikan oleh sebuah perusahaan amatlah penting namun semua itu harus ditunjang dengan strategi marketing yang baik. Bagaimana konsumen bisa mengetahui jika produk atau service sebuah brand itu bagus jika tidak dikomunikasikan. Salah satu cara terbaik untuk mengkomunikasikan sebuah pesan bisnis adalah melalui desain.
Berapa kali kita merasa terpukau dengan keindahan atau keunikan sebuah desain poster, bilboard, web atau brosur tanpa mengetahui produknya terlebih dahulu.  Dengan desain yang menarik, profesional dan eye catching konsumen akan digiring untuk mengenal produk tersebut terlebih dahulu.  Jika kesan pertama yang ditimbulkan oleh desain tersebut sudah bagus maka tentunya imej yang dipancarkan dari brand tersebut juga akan profesional.
Beberapa brand besar seperti Apple, McDonald, Microsoft, Coca Cola dan masih banyak yang lainnya menganggap bahwa desain merupakan investasi yang penting dalam sebuah bisnis. Berbagai desain seperti bilboard, poster dan web mewakili brand-brand tersebut dalam bentuk yang paling unik. Desain-desain tersebut hadir sebagai garda terdepan strategi marketing untuk memenangkan kompetisi pasar.  Desain yang dikemas dengan begitu unik, indah dan menarik akan membuat orang ingin mengenal lebih lanjut mengenai sebuah brand. Desain yang profesional juga secara otomatis akan meningkatkan imej sebuah brand di tengah pemain pasar yang sama.
Seperti misalnya desain brosur Bayu Buana Tours and Travel yang dikerjakan oleh Sribu.com ini menghasilkan sebuah desain brosur yang amat menarik dan eye catching. Desain ini mengambil topik tematik yaitu liburan natal dan tahun baru dimana memang banyak orang mencari informasi mengenai tujuan wisata.  Desain brosur ini mampu menonjolkan Bayu Buana Tours and Travel sebagai perusahaan Tours and Travel ternama. Back ground yang digunakan, font serta imej menara eiffel dan balon udara yang diaplikasikan kedalam brosur tersebut semakin mengukuhkan citra Bayu Buana sebagai perusahaan tour and travel ternama.
Bagaimana sebuah desain tidak penting jika kesan pertama yang ditangkap orang dari sebuah produk adalah desainnya? Seperti halnya desain sebuah logo yang merepresentasikan brand itu seperti sendiri. Lihat saja betapa desain logo rumah roti ini melekat dengan amat kuat pada identitas brandnya.  Desain amat penting dalam strategi sebuah bisnis. Jika desain dibuat asal-asalan maka pada akhirnya akan berujung pada imej dari brand itu sendiri. Bagaimana dengan anda, masih memiliki persepsi jika desain itu tak penting?
Sebaiknya singkirkan segera persepsi tersebut dan mulailah merencanakan strategi desain terbaik untuk kesuksesan brand anda. salah satunya anda bisa memulai untuk merencanakan strategi desain anda di Sribu.com. Sribu.com merupakan online platform penyedia jasa terbaik yang bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau. go grab your best design now in sribu.com
Artikel berikutnya »

No comments:

Post a Comment